Selasa, 31 Oktober 2017

Kamad : Bisa Karena Terbiasa

Barabai – MTs Muallimin. “Bisa karena terbiasa,” ujar Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muallimin Barabai Hamrullah, S.Pd.I saat menyampaikan amanat upacara bendera, Senin (23/10/2017) di halaman madrasah.

Hamrullah mengatakan, pekerjaan apapun yang pada awalnya sulit untuk dilakukan, akan terasa lebih mudah jikalau sudah sering melakukannya. Kemampuan umumnya lahir karena adanya proses latihan berulang, sehingga menjadi sebuah keterbiasaan dan pembiasaan.

“Suatu pekerjaan, baik yang mudah maupun yang sulit, jika sudah sering melakukannya sampai pada tingkat terbiasa, maka pada akhirnya akan terbiasa,” ujarnya.

Hamrullah menambahkan, dalam belajar siswa harus semangat, rajin, serta pantang menyerah. Kebiasaan positif tersebut harus dibiasakan agar nanti pada akhirnya menjadi terbiasa dengan sendirinya, sehingga tidak ada lagi merasakan kesulitan untuk melakukannya.

“Pembiasaan tentu sangat perlu dalam belajar, siswa tidak boleh malas belajar. Khususnya untuk siswa kelas IX yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional (UN),” katanya.

Lebih jauh Hamrullah menerangkan, kemampuan melakukan sesuatu umumnya membutuhkan proses belajar, latihan dan uji coba berkali-kali. Proses tersebut yang membuat seseorang menjadi bisa. ”Apabila suatu pekerjaan telah terbiasa dilakukan, maka tidak terasa lagi kesukarannya atau sudah memiliki pengalaman praktek yang lebih baik,” pungkasnya. (Rep/ Ft: Iji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar